Book · Review

Review Buku Ensiklopedia Anak WWP (Widya Wiyata Pertama)

wwp

Pernah nonton acara TV “Tralala Trilili” di RCTI yang presenter-nya Agnes Monica? Masih ingat bagian “Mengapa Begini Mengapa Begitu” dalam setiap scene acara itu ?

Isinya semacam tayangan ensiklopedia yang dikemas sangat menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak tentang pertanyaan-pertanyaan yang biasanya dilontarkan oleh anak-anak mulai dari kehidupan sehari-hari, binatang, tumbuhan, dll. Keinget acara itu gara-gara si kakak yang balita udah mulai banyak nanya, ‘petir itu apa, Bun? kenapa aku bisa cegukan ya? keringat itu dari mana?’ Kenapa ayah pakai kacamata?’

Kalau tahu jawabannya bisa langsung dijelaskan, tapi  kalo ngga ngerti buru-buru deh ambil HP dan buka google :D. Cuma seringnya bahasa yang ada di google masih harus disederhanakan kembali saat dijelaskan ke si kakak. Kadang terlalu lama pegang HP sampe diprotes sama yang kecil, katanya : ‘Bunda qo main HP terus sih’. Duh… T_T

Akhirnya bertekad nyari buku ensiklopedia anak ke toko buku. Rasanya pernah beberapa kali ngeliat buku sejenis ensiklopedia dengan aneka gambar menarik. Tapi karena kesibukan di kantor, dan saat weekend juga rasanya pengen leyeh-leyeh aja di rumah, akhirnya rencana ke toko buku kepending terus.

Suatu saat, saya dan anak-anak marketing kantor iseng mampir ke “Baby & Kids Fair” di Manggala. Niatnya cuci mata liat pernak-pernik buat anak :D, dan sampailah saya di booth buku-buku anak. Saat itu ngga langsung beli buku siy, lihat-lihat sekilas aja dan minta kartu nama ibu-ibu yang jaga stand buat nanya-nanya bukunya. Taunya besoknya orang di pameran itu duluan ngontak dan ngajak ketemuan. Singkat cerita setelah dijelaskan berjam-jam (yeah…soalnya paket bukunya ternyata ada buanyak dan harganya lumayan wow hehe…) akhirnya saya deal. Emang bagus banget bukunya…I swear. Berikut review-nya (duh sorry ya kalo intro-nya kepanjangan :p)

Oiya, saya belinya paket TDP (Total Development Program) yang salah satu paketnya adalah buku WWP. Masih ada 4 jenis paket lagi yang nanti akan coba saya review isinya di blog ini. Sekarang saya mulai dari review buku WWP yaa.. alias Widya Wiyata Pertama.

COVER & LAY OUT BUKU

Bukunya hard cover berukuran A4 dengan kertas cukup tebal seperti majalah di setiap lembarnya. Setiap halaman full color berisi gambar-gambar menarik dengan font cukup besar yang saya jamin pasti bakal menarik perhatian anak terutama balita. Setiap seri (per 6 buku) ada wadah khususnya yang kalau dipajang di rak buku jadinya cakep banget deh kayak gambar di atas 😀

SERI BUKU

WWP terdiri dari 24 buku  dengan judul-judul buku sebagai berikut :

Seri Kehidupan  (1 -6), Alam (7 – 12), Sains (13 – 18), Dunia Kita (19 – 24)

  1. Tubuh Kita
  2. Binatang dan Sahabat Kita
  3. Kehidupan dalam Air
  4. Dunia Serangga
  5. Satwa Liar
  6. Ulah Binatang
  7. Alam
  8. Bumi dan Angkasa
  9. Bunga dan Pohon
  10. Dinosaurus
  11. Geografi dan Peta
  12. Ekologi dan Lingkungan
  13. Dunia dan Sekitar Kita
  14. Roda dan Sayap
  15. Penemuan dan Reka Cipta
  16. Beginilah Kerjanya
  17. Ilmuwan Kecil
  18. Percobaan Sederhana
  19. Kehidupan sehari-hari
  20. Cobalah Sendiri
  21. Musik dan Seni Rupa
  22. Mengenal Masyarakat
  23. Aneka Kejadian
  24. Tempat-tempat Terkenal

WWP ini juga ada versi bahasa Inggrisnya, jadi mulai dari judul buku sampai seluruh isi buku semuanya dalam bahasa Inggris seperti gambar berikut:

wwp-english
WWP versi bahasa Inggris

wwp-co-english

ISI BUKU

  • Setiap tema dibahasa dalam bentang 2 halaman, artinya anak dapat membuka halaman mana saja  (tidak perlu berurutan halamannya) untuk dibaca karena setiap halaman hanya memuat 1 pokok bahasan.
  • Bentuk tanya jawab, jadi orang tua dapat melontarkan pertanyaan menarik kepada anak untuk merangsang rasa ingin tahu anak terhadap isi buku ini

 

screenshot_2016-06-25-20-15-21-1

screenshot_2016-06-27-02-57-48-1

screenshot_2016-07-19-12-26-33-1

screenshot_2016-07-20-06-59-00-1

screenshot_2016-07-20-06-59-12-1

screenshot_2016-06-25-20-16-26-1

 

screenshot_2016-06-27-02-59-04-1

screenshot_2016-07-20-06-58-01-1

WALTER (TALKING PEN)

Menariknya buku ini adalah, ada talking pen-nya yang disebut Walter, yang membuat setiap halaman buku ini bersuara dan bisa bernyanyi. Info dari brosur, walter memuat 10.000 bunyi yang menarik dan berisi informasi-informasi luar biasa, yang mendorong anak belajar pelafalan kosakata bahasa inggris dan Indonesia, dapat menirukan dan merekam suaranya untuk dibandingkan dengan suara asli dari buku.

Oiya, awalnya saya sempat kuatir kalo ada talking pen-nya bikin anak jadi hanya akan aktif mendengarkan dan jadi malas membaca. Tapiiii ternyata walter hanya akan bersuara di bagian-bagian tertentu saja (ada tanda bulatan merahnya di tiap halaman), ngga di setiap tulisan. Isi bukunya sendiri tetap harus dibaca oleh anak ataupun oleh orang tua saat mendampingi anak bermain dengan buku.

HARGA BUKU

Buku dijual secara paket yaa, jadi ngga bisa beli satuan. Kenapa? Rasanya siy pertimbangannya adalah karena buku ini bagus banget dan ngga lengkap pengetahuan yang didapat anak kalo dijual terpisah pisah. Kemarin saya belinya paket lengkap ngga hanya WWP, jadi untuk harga seri WWP saya kurang pasti di angka berapa. Mahal ? Hm..tergantung siy ya… mahal itu dibandingkan dengan apa dulu. Setahu saya buku ensiklopedia sejenis ini belum ada yang sekomplit WWP serinya dan dilengkapi talking pen. Desain dan materi buku juga bisa  ngaruh ke harga. Worthed-lah kalo menurut saya. Hitung-hitung  investasi buat masa depan anak. Beli buku mah ngga bakal ada ruginya… iya ngga?

SISTEM PEMBAYARAN

Buku ini bisa dibeli secara cash/tunai, maupun kredit. Kredit bisa menggunakan sistem cicilan transfer per bulan via ATM ke rekening PT. Tiga Raksa, atau bisa juga melalui sistem blok kartu kredit. Fleksible kan.. oiya tapi biasanya sistem blok kartu kredit hanya berlaku untuk bank tertentu dan di kota tertentu yang terdapat cabang Tiga Raksa. Nanti detilnya bisa tanya-tanya langsung ke konsultan Tiga Raksa yang jual bukunya.

BELI DI MANA ?

Nah, ternyata buku WWP ini ngga dijual di toko buku lho…mungkin karena sistemnya yang paketan kali ya..dan oleh distributor (PT. Tiga Raksa) juga sengaja ngga dijual di retail karena eksklusif. Belinya bisa melalui konsultan/sales Tiga Raksa yang biasanya ada di pameran-pameran salah satunya di sini. Biasanya konsultan tersebut akan menghubungi kita untuk menjelaskan secara detil tentang buku dan cara menggunakannya. Konsultan umumnya praktisi di bidang pendidikan anak (usia dini).

Oh iya, saran aja sebisa mungkin jangan beli online yaa…  kenapa? Soalnya menggunakan buku ini ada tekniknya. Kalau beli online dan ngga kenal dengan konsultannya, nanti pada saat ada kendala terkait buku atau walter-nya, bakal kesulitan mau nanya ke mana. Kalopun terpaksa harus beli online ya ngga papa juga siy toh nanti saat butuh apa-apa tinggal telpon kantor Tiga Raksa :D.

Sebetulnya sasaran buku ini adalah anak dari usia 0 tahun. jadi orang tualah yang harus aktif membacakan buku buat anak, bukan menyodorkan buku begitu saja ke anak dan berharap anak akan melahap isi buku satu per satu. Ada teman yang ngeluh buku-buku yang dibelinya masuk lemari dan ngga pernah disentuh anaknya. Padahal seharusnya ortu dulu yang mengenalkan buku ke anak, supaya anak jadi cinta sama buku. Kalo ortu ngga ngasih contoh atau minimal ngajak anak bermain-main dengan buku melalui sesi dongeng, yaa jangan berharap lebih.

Just info, anak saya usianya 5 tahun dan 3,5 tahun yang memang belum bisa membaca dan ngga saya tuntut untuk belajar membaca saat ini. Tujuan saya beli paket buku sebanyak itu adalah sebetulnya buat saya sebagai ortunya. Saya sadar anak-anak usia balita itu sedang masa golden age, masa di mana otaknya sedang sangat optimal menyerap segala informasi yang diberikan. Jadi saya ingin menyediakan sarana untuk itu. Saya juga ingin anak-anak kelak cinta buku dan suka membaca, jadi emang dari masih bayi, saya udah beliin buku bantal dan sejenisnya yang ngga bakal sobek. Dan Alhamdulillah di usia sekarang anak-anak suka sekali diajak ke toko buku, girang luar biasa kalau dioleh-olehi buku, bahkan pernah si kakak waktu ditanya mau dibeliin apa, jawabannya bukan mainan tapi : ‘aku mau buku baru,Bun. buku lama udah dibaca smua (well, tepatnya siy udah dibacakan smua isi bukunya :p)

Berikut cara saya supaya anak-anak tertarik dengan buku WWP-nya.

  • Saya membuat reading corner di rumah; semua buku-buku anak saya simpan di rak yang mudah dijangkau mereka tanpa minta bantuan orang dewasa. Saya pasang karpet karet warna-warni dan kursi kecil supaya mereka nyaman dan betah main di sana.
  • Setiap hari sediakan waktu khusus buat ‘sesi membaca buku bersama anak’. Kalau masih batita, ngga sampe 5 atau 10 menit karena rentang perhatiannya masih pendek. Kalau buat si kakak yang 5 tahun bisa sampai 20 menit atau tergantung mood anak-anak (ngga usah ditarget berapa lama siy, pokoknya sesuka hati anaklah). Intinya buat aktivitas membuka buku itu semacam sesi bermain dan bukan belajar.
  • Saat sesi membaca buku, pangku anak dan tunjuk judul buku sambil bacakan keras-keras. Anak jadi dapat mengenali pola huruf dan kalimat ternyataaa…
  • Lontarkan pertanyaan menarik misalnya : kak, tau ngga kenapa anjing suka goyang-goyangin ekornya? atau kenapa kucing suka nimbun eek-nya dengan pasir? dari situ anak-anak pasti langsung interest dan duduk manis nunggu jawabannya.
  • Suatu saat kalau anak-anak tiba-tiba nanya misalnya: bun, kenapa siy hidung aku ada ingusnya? saya biasanya bilang gini : ‘Yuk kita cari tahu di dalam buku kamu’. Jadi katanya biar anak itu tahu kalo buku sumber informasi.

Mungkin ada ortu yang kuatir kalo si anak belum bisa ngejaga buku alias bakal disobek atau dicoret-coret. Jangan kuatir, anak-anak itu pinter qo. Kalau kita dari awal ngajarin dan ngasih tahu, mereka bisa ngerti ternyata. Kalo masih batita mungkin lebih sering didampingi ya kalau main dengan buku karena mereka ya masih harus dibacain. tapi kalo usia di atas itu udah pinter-pinter qo. Anak-anak saya ngerti ngejaga buku-buku mereka. Setiap habis dibaca dikembalikan ke tempat semula, yaa..kadang-kadang juga  bisa berantakan banget dan  kita juga  yang mesti beresin, namanya juga anak-anak :D. Tapi apapun itu, tiap proses yang dialami anak adalah tahapan belajar. Buku sobek ya bisa diselotip bahkan bisa dituker ke Tiga Raksa lho… Jadi jangan takut memfasilitasi anak karena alasan nanti rusak atau sobek hehe…

Ini panduan menggunakan WWP dari Tiga Raksa:

Eh hampir lupa, seri WWP juga dilengkapi dengan buku Glossarium dan Index, yaitu semacam kamus kali yaa.. Jadi gunanya sebagai pedoman ortu saat akan menjelaskan ke anak misalnya, temanya ‘ayam’. Bahasan tentang ayam ada di buku No.2 (Binatang Sahabat Kita) yang menceritakan tentang bagaimana ayam mengerami telur, mandi, atau apakah ayam dapat terbang?, buku No.13 (Dunia di Sekitar Kita) menceritakan tentang ayam bertelur, dan buku No.23 (Aneka Keajaiban) yang menceritakan tentang anak ayam yang menetas dari telur.

Seru banget isi bukunya dan amat sangat recommended. Jadi kalo ada kesempatan dan dana buat beli, belilah..ngga bakal rugi. Sering ada promo-promo menarik dari Tiga Raksa saat beli buku-bukunya, dan hadiah-hadiahnya juga wow banget. Kemarin saat beli paket buku TDP, saya dapat hadiah yang nilai totalnya lebih dari 3 juta kayaknya. Puasss banget.

Oke, sekian dulu review-nya, semoga bermanfaat ^_^.

9 thoughts on “Review Buku Ensiklopedia Anak WWP (Widya Wiyata Pertama)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s