Book · Review

Review Buku “A Child’s First Library of Value”

screenshot_2016-03-18-11-27-32-1

Seperti yang saya tulis kemarin dalam  Review Buku WWP bahwa masih ada 4 paket buku lainnya yang saya beli, dan salah satunya paket bukunya itu adalah “A Child’s First Library of Value” (CFV) ini.

Sebetulnya buku ini isinya cerita anak dalam bahasa Inggris. Awalnya saya ngga terlalu interest beli ini karena mikir toh buku sejenis ini juga ada banyak di toko buku dan di rumah anak-anak juga sudah ngoleksi beberapa jenis buku kayak gini.

Cuma nih yaaa yang bikin saya akhirnya mempertimbangkan masukin paket ini dalam list belanja adalah karena ada CD Audio-nya. CD-nya itu menceritakan kisah dalam buku dan anak bisa mendengarkan dongeng dalam bahasa Inggris dengan efek suara dan dramatisasi yang menarik, jadi akan membuat anak-anak tertarik dan menjadi lebih mudah bagi mereka untuk menghubungkan apa yang mereka dengar dengan tokoh cerita yang mereka baca. Semacam menonton film-lah tapi hanya audio-nya saja.

Kalo saya yang bacain dengan gaya mendongeng bisa aja sih cuma yaa pastinya ngga secanggih orang bule pronounciation-nya :p. Jadii, salah satu tujuan saya punya seri ini demi bisa membiasakan kuping anak-anak dengerin percakapan bahasa Inggris. Yaah lumayanlah selang seling dengan nonton “Peppa Pig” dari DVD atau Youtube 😀

Oke, langsung masuk ke review bukunya ya.

COVER & LAYOUT BUKU

Semua seri buku TDP (Total Development Program) didesain serupa, yaitu hardcopy, kertas tebal seperti majalah berukuran A4, Full Color dan ada wadah khusus buku yang eksklusif banget dan jadi tambah menarik kalau dipajang di rak buku 😀 . Oya kenapa saya concern sekali soal tampilan, karena menurut saya penting untuk menarik perhatian anak-anak sehingga akhirnya bisa membuat mereka mau bermain dengan buku-buku tersebut.

clv

PAKET BUKU

  • Paket buku terdiri dari 15 buku berbahasa Inggris (yang ini ngga ada versi bahasa Indonesia-nya ya)
  • Setiap buku dilengkapi dengan sebuah CD-Audio (total 15 CD-Audio) yang berisi rekaman suara professional storyteller (native speaker) yang sangat ekspresif dengan aksen yang jelas dan tempo bicara yang tetap  disertai sound–effect yang menarik membuat dongeng menjadi lebih hidup..! Jadi bisa mengasah kemampuan listening, reading dan pronounciation anak.cd-audio
  • Ada 5 boneka jari (finger puppet) untuk membantu kegiatan mendongeng agar lebih menarik perhatian anak
  • Plus 1 buku “Teaching Good Behavior” yang berisi informasi-informasi bagi orang tua dalam menghadapi perilaku yang berbeda dari setiap anak (yaah semacam tips parenting-lah..)

 

JUDUL/ISI BUKU

Setiap buku berisi pesan moral dan cara berperilaku yang baik yang dipaparkan dengan cara yang simple seperti misalnya: jujur, memaafkan, menghargai, patuh, sabar, tekun, bersyukur, peduli, persahabatan, gigih, membantu orang lain, berbagi, berpikir positif, dst. Judul-judul bukunya sbb :

  1. The Naughty Mole
  2. Mimi The Selfish Kitten
  3. Pippo Learn A Lesson
  4. The Land of Toys
  5. The Dragon Who Couldn’t Breath Fire
  6. A New Coat of Leaves
  7. The Grumpy Dragon
  8. Who Took My Strawberries
  9. In Search of The Missing Light
  10. Saving The Old Apple Tree
  11. The Heart of Winter
  12. Big Bear’s Cake
  13. Shy Red Learn to Sing
  14. The Dragon Lanterns
  15. The Little Blue Elephant

cfv1

Salah satu nilai plus buku ini dibandingkan dengan buku sejenis yang ada di toko adalah selain dilengkapi dengan CD Audio, dalam setiap akhir  buku terdapat halaman tambahan untuk mereview pemahaman anak, hm…semacam panduan bagi orang tua bagaimana membahas nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita. Semuanya dikemas dalam bentuk games antara lain : quiz, puzzle, dll. (Bagian ini merupakan favorit anak-anak saya malah, cerita belum habis dibaca, mereka udah langsung minta ke lembar games-nya :D). Seperti ini contohnya :

 

HARGA BUKU

Soal harga, melihat dari feature dan kelengkapannya, bisa dipastikan harga buku ini lebih mahal dibandingkan dengan buku cerita bahasa Inggris yang ada di toko buku. Saya berani bilang bahwa kalo buku sejenis mungkin sama-sama berisi cerita yang menarik, desain buku yang tebal dan colorful, tapi saya belum nemu yang se’niat’ ini dalam menyajikan materi bukunya. Mulai dari adanya fitur audio yang dibawakan oleh native speaker hingga summary yang ada dalam setiap akhir buku sebagai guidance bagi para orang tua pada saat mendampingi/membacakan buku buat anak. Dan sekali lagi karena saya belinya paket full, jadi harga khusus paket buku ini saya ngga pasti di angka berapa. Tapi kalau dibilang mahal, yeaah…worthed qo dengan isinya.

CARA MENDAPATKAN BUKU INI

Silakan baca di sini Review Buku WWP . Sama qo sistem pembeliannya, ngga dijual secara retail alias tidak ada di toko buku.

Jadi kesimpulannya, menurut saya pribadi buku ini layak ada di rak buku anak-anak. Kalau kamu merasa udah cukup dengan buku-buku cerita yang biasa beli di toko buku, that’s your choice. Tapi buat saya, selama saya punya dana extra untuk menyediakan aneka jenis buku bermutu buat anak-anak, why not? Anak jadi punya banyak alternatif untuk mengeksplor dan mengembangkan kemampuan otak dan emosionalnya.

Segitu dulu aja review-nya, tadinya saya kepikiran mau nge-capture isi buku,tapi belum sempat motret-motret. Next time kalo udah dapet gambar-gambarnya bakal saya posting di sini. Thanks dan semoga bermanfaat ^_^

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s