Book · Review

Review Buku: My Incredible Sticker Atlas & Knowledge of The Flags

1486999095794-1152x648

Beberapa minggu lalu ada teman yang sama-sama pecinta buku anak ‘pamerin’ buku baru anaknya, yang kebetulan seusia si adek. Temanya tentang bendera negara-negara di dunia, yang dikemas dalam bentuk stiker.

Seperti biasa, kalau sudah diracun buku anak, apalagi kalau review-nya oke, sulit untuk ngga beli. Apalagi si temen ini emang paling jago kalo promosi. Racun yang manis siy menurut saya 😀

Kebetulan anak-anak juga lagi seneng-senengnya main stiker buat selingan kegiatan bermain. Biasanya saya beli buku stiker dan mewarnai di Indomart yang ada gambar-gambar super hero atau princess-nya. Modelnya kayak majalah dan tiap bulan keluar seri baru. Tapi yaa selain kegiatan menempel stiker dan mewarnai, rasanya belum ada nilai tambah lain bagi anak-anak.

Makanya untuk buku ini, saya semangat banget untuk beli, dan anak-anak juga happy banget dapat buku dan mainan baru. Oiya, bukunya ada 2 jenis : pertama berjudul “My Incredible Sticker Atlas” dan kedua berjudul “Knowledge of The Flags”. Semuanya buku impor jadi isinya berbahasa Inggris. Buku ini ditujukan untuk anak usia 3 tahun ke atas.

Kelihatannya siy materinya ‘berat’ buat balita, tapi percayalah…bacaan apapun semuanya tergantung bagaimana kita membawakannya ke anak-anak. Buat balita, membacakan buku ada tekniknya, sama seperti mendongeng. Dan informasi apapun yang kita sampaikan ke balita, otak golden age mereka bisa menyerap seperti layaknya spons. Amazing…

Oke, berikut review-nya :

My Incredible Sticker Atlas – The World, Animals, Space & Dinosaurs

Buku terdiri dari 4 bagian.

Part 1 : Tentang Benua-benua yang ada di dunia, terdiri dari 11 halaman yang menjelaskan secara umum tentang 6 benua di dunia. Di lembaran selanjutnya terdapat stiker bendera-bendera negara sebanyak 166 pieces, dan 160 pcs stiker tambahan dengan gambar random seperti : hewan, tumbuhan, pemandangan alam, bangunan bersejarah, dll.

Part 2 : tentang hewan-hewan khas yang ada di setiap benua sebanyak 11 halaman, dilanjutkan dengan 2 halaman berisi stiker binatang sebanyak lebih dari 300-an pcs.

Part 3 : tentang luar angkasa sebanyak 11 halaman. Memuat tentang planet-planet, dan benda-benda angkasa lainnya. Stikernya bergambar item-item yang digunakan oleh astronot dan gambar benda luar angkasa sebanyak lebih dari 300-an pcs.

Part 4 : tentang dinosaurus plus ratusan stikernya.

Ada lebih dari 1.000 pieces stiker dalam buku ini. Anak-anak saya girangnya luar biasa karena berhari-hari acara menempelkan stiker ngga habis-habis 😀

Di mana menempelkan stikernya ?

Menariknya, di dalam buku ini terdapat 4 atlas yang masing-masing berukuran 8 lembar kertas kuarto yang dibentangkan (sorry, ga paham jenis ukuran kertas:p). Anak-anak harus duduk di atas kerta kalau ingin menempelkan stikernya. Someday stiker ini juga bisa ditempelkan di dinding karena informasi di dalamnya pasti berguna saat anak masuk SD nanti.

Lanjut buku kedua.

Knowledge of The Flags

Sebetulnya ini bukan buku sih yaa… mainan siy lebih tepatnya. Bentuknya seperti buku tebal (sekitar 3 mm tebalnya) yang gambarnya berupa atlas dunia serta negara-negara di dalamnya. Paket atlas ini berupa bendera-bendera kecil sebanyak 36 buah, bentuknya kayak tongkat kecil yang bisa ditancapkan di atas atlas.

Knowledge of the flags ini dijual terpisah dengan buku stiker di atas, tapi saat dimainkannya dapat saling terintegrasi.  Setelah anak-anak kelar menempelkan stiker bendera, mereka bisa melanjutkan bermain bendera ini dengan melihat ‘contekan’ dari stiker atlas di atas.

20170211_182533-1843x1037

Bermain ini memang baiknya didampingi orang dewasa (ortunya lah yaa..) supaya anak juga dapat pengetahuan tambahan. Ini juga alternatif kegiatan main bersama ortu -anak yang seru saat weekend. Dan biar lebih asik, saat main ini ortu bisa sambil bercerita tentang negara-negara misalnya: keunikannya, tempat wisata di negara tersebut, dan lain-lain. Sumbernya bisa dari google (kalau ortunya rajin plus membahasakannya kembali dalam bahasa yang mudah dipahami balita) atau kalau saya, tekniknya dikombinasikan dengan mengajak anak-anak membuka buku ensiklopedia anak seri WWP dan buku CPD (Cakrawala Pengetahuan Dasar) yang sudah ada.

Baca:

See? mau main sama anak aja kita ga boleh modal dengkul kan, alias mesti belajar dulu minimal baca-baca apa gitu, supaya wawasan anak juga luas. Inget, anak itu kritis, banyak hal yang akan dia tanyakan dari kegiatan bermain. Jadi jangan sampai pertanyaan-pertanyaan anak berhenti sampai di situ karena kita malas nyari jawabannya yaa :p

Sekian review buku kali ini, semoga bermanfaat ^_^

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s