Posted in Book, Review

Review Buku “Cakrawala Pengetahuan Dasar (CPD)”

16-11-17-09-23-22-234_deco

Saatnya me-review buku. Tulisan ini dibuat setelah anak-anak saya menyelesaikan reading project-nya dengan 15 buku ‘Cakrawala Pengetahuan Dasar (CPD)’ dari seri TDP (Total Development Program) ETL Learning.

Apa itu ETL Learning dan TDP, akan saya tulis kapan-kapan. Sementara silakan googling dulu aja yes 😀

Intinya siy menurut saya, buku ini sangat membantu  para orang tua (seperti saya) yang suka mati gaya ketika menghabiskan waktu bersama anak mau ngapain aja. Buku ini semacam pedoman orang tua ketika akan bercerita ke anak, tapi dengan bahan cerita yang berbobot dan memperluas pengetahuan anak tentang berbagai hal di sekitarnya dan di berbagai belahan dunia, dengan cara yang sangat menarik dan tidak membosankan.

Seperti yang pernah saya tulis di review buku sebelumnya tentang Ensiklopedia Anak dan Seri A Child’s Library of Values   yang merupakan paket program stimulasi balita dari ETL Learning, buku CPD ini juga merupakan salah satu seri yang melengkapi stimulasi anak dari aspek Skill atau keterampilan. Sama seperti dua paket yang telah saya review tersebut (meski detil isinya belom pernah saya ulas), buku CPD ini juga didesain lux dan hard cover serta bagian-bagian lain misalnya  fitur buku yang kurang lebih sama dengan seri buku sebelumnya. Jadi, kali ini saya lebih ingin mengulas detil tentang isi bukunya yang super keren dan bermanfaat banget buat anak.

Paket Buku

Buku CPD terdiri dari 15 buku, dengan dua edisi: bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang namanya ‘Early Learning Program (ELP)’. Saya kebetulan punya 2 edisi tersebut. Sebetulnya pas pertama kali beli, saya ambil yang versi bahasa Inggris, tapi mengingat anak-anak saya bukan dibesarkan dengan bilingual (bahasa Inggris dan Indo), jadi agak kesulitan juga membacakan dalam bahasa Inggris sementara ceritanya sangat kompleks dan membutuhkan keterampilan berpikir (beda dengan buku Seri A Child’s Library of Values yang meski isinya full bahasa Inggris tapi dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami), akhirnya saya beli lagi yang versi bahasa Indonesia-nya. Rencananya setelah kelar semua buku, saya akan coba pindah ke versi bahasa Inggrisnya.

Paket buku ini memang ditujukan untuk melatih keterampilan berpikir (jadi bukan sekedar bercerita). Setiap Buku ada sasaran yang dituju dalam rangka membangun kreativitas berpikir anak. Jadi, aspek-aspek yang ada dalam buku seperti ini :

Buku #1 : Imajinasi

Dengan judul buku “Anjing Penyengat”/ “Hound Bee!”

Buku ini melatih imajinasi anak-anak melalui lembar halaman ber-belah. Memang di sini dituntut kreativitas orang tua untuk membacakan dan membantu anak supaya bisa ikut berimajinasi melalui gambar, misalnya ada gambar kepala manusia dengan separoh badan dinosaurus atau kepala berambut mirip mie dengan separoh muka sampai kaki seperti burung. Hal itu bisa melatih imajinasi dan mengembangkan kreativitas berpikir anak. Just info, kalau orang bule, biasanya mereka pertama kali membelikan buku seri ELP ini untuk balita-nya karena memang salah satu tahapan perkembangan anak yang penting adalah skill, termasuk di dalamnya berpikir kreatif.

16-11-20-20-13-30-830_deco

*Mungkin itu sebabnya kali ya tokoh-tokoh di film luar negeri kadang unik kayak penjahat dengan badan setengah kadal di film Spiderman, film Alien, dst, karena mungkin dari kecil diajarinnya beginian (just personal opinion :D)

Buku #2: Jumlah

Dengan judul buku “Berapa Kuda Nil?”/ “How Many Hippo?”

Buku ini mengajarkan dasar-dasar penjumlahan dan pengurangan dengan setiap halaman ber-belah. Salah satu alternatif cara untuk mengajarkan angka-angka pada balita. Menarik banget.

Buku #3: Warna

Dengan judul buku :“Belgeduel si Cemerlang”/ “Balderdash The Brilliant”

16-11-20-20-16-40-827_deco

Oiya, nama-nama tokoh dalam buku versi Indonesia ini sedikit berbeda dengan bahasa Inggrisnya, karena disesuaikan dengan penyebutan dalam bahasa Indo agar lebih mudah. Tapi dari segi gambar dan konten siy sama aja. Di sini anak diajak bermain dengan berbagai warna sambil main tebak-tebakan.

Buku #4: Waktu

Dengan judul buku: “Jam Ajaib Kakek Roberto”/ “Roberto’s Magical Clocks”

16-11-20-20-18-38-721_deco

Kesempatan untuk mengajarkan konsep waktu ke anak. Bukunya berisi gambar lonceng yang bisa digerak-gerakkan jarum panjang dan pendeknya sehingga membantu anak dalam belajar mengenal waktu. Karena setiap buku ceritanya variatif dan menarik, dijamin anak-anak ngga akan bosan dan secara ngga sadar mereka sambil belajar lho…

Buku #5: Binatang

Dengan judul buku “Tebaklah Siapa Aku?”/ “Guess Who?”

16-11-20-20-20-53-532_deco

Terdapat sirip-sirip interaktif dalam bukunya yang berisi informasi tambahan mengenai berbagai binatang supaya anak tertarik dan ngga akan bosan mencari tahu tentang binatang tersebut.

Buku #6: Moral

Dengan judul buku “Cerita di Waktu Badai”/ “Tales for A Stormy Day”

Mengajarkan tentang moral yang penting dalam kehidupan sehari-hari lewat cerita yang menarik dan menghibur. Anak saya yang berusia 4 tahun minta dibacakan buku ini berkali-kali saking sukanya dengan cerita di dalamnya.

Buku #7: Persepsi Visual

Dengan judul buku “Pak Badru Kebingungan”/ Mr.Boggle’s Peculiar Day”

16-11-20-20-39-31-438_deco
Lihat ke Jendela, nampak seperti sedang hujan
16-11-20-20-40-26-666_deco
Wah..Ternyata kecele. Itu Kap mobil dan pancuran air

Ini salah satu buku favorit anak-anak saya. Isinya berupa gambar-gambar yang ‘menipu’ visual yang intinya mengajarkan bahwa apa yang nampak/terlihat itu belum tentu seperti persepsi kita. Buku ini bisa membantu anak mengembangkan keterampilan visual dan berpikir kreatif. Karena dari 1 gambar ternyata persepsi yang muncul bisa bermacam-macam.

Buku #8: Alam

Dengan judul buku “Menyibak Rahasia Alam”/ “The Secret Forest”

16-11-20-20-42-21-440_deco

16-11-20-20-43-17-289_deco

Mengulas tentang keajaiban alam dan mengetahui bagaimana hewan beradaptasi terhadap perubahan musim, melalui cerita petualangan 2 sahabat: rusa kecil dan itik kecil. Ketika membacakan buku ini, secara ngga sadar anak akan belajar tentang binatang sampai ke hal-hal detilnya yang mungkin kita sendiri ngga akan bahas itu ke anak usia balita. Tapiiii jangan salah, otak balita yang kayak spons itu bisa menyerap semua informasi yang ada meski kita menganggap cuma selintas aja. Semua hal terekam di memori anak dan…. suatu saat akan keluar dengan sendirinya di saat yang ngga kita duga. Udah kejadian soalnya di anak saya. Tau-tau qo bisa menjelaskan metamorfosis kupu-kupu atau bagaimana kehidupan lebah plus istilah-istilah rumitnya pula. The amazing golden age emang 😀

Buku #9: Geografi

Dengan judul buku “Mencari Tujuh Saudara”/ “The Search for The Seven Sisters”

16-11-20-20-46-01-955_deco

Buku Favorit lagi niy.. Ceritanya tentang seorang nenek bersama 2 cucunya yang mencari 7 saudaranya di berbagai belahan dunia. Anak akan dikenalkan dengan geografi dan aneka kebudayaan di setiap negara yang dikunjungi, dilengkapi dengan permainan di setiap ceritanya. Anak-anak saya sampai minta dibacakan berkali-kali buku ini.

*tips: setiap habis membahas satu negara, saya langsung ajak lihat di youtube penampakan aslinya seperti apa misalnya: samudra pasific, samudra atlantic, menara pisa, tembok cina, piramida, gondola di Venice, bumerang senjata khas penduduk Australia, cara menggunakan sumpit ala orang Cina, dst.

Buku #10: Sejarah

Dengan judul buku “Silsilah Keluarga”/ The Family Tree”

Berisi tentang kehidupan di masa dulu dan saat ini. Selain belajar mengenai silsilah keluarga, anak juga diajak untuk membandingkan misalnya jaman kakek tahun 50-an ternyata kulkas sudah ada namun dengan bentuk dari kotak kayu biasa yang di dalamnya diletakkan es balok, sangat berbeda dengan kulkas jaman sekarang. Dijamin pengetahuan anak luar biasa kaya melalui cerita-cerita ringan.

16-11-20-20-49-10-710_deco

*tips: Sambil membaca buku ini, anak-anak mengerjakan project ‘Family Tree’. Jadi kegiatan membaca diselingi dengan aktivitas kreatif.

Buku #11: Kehidupan Alam Liar

Dengan judul buku “Seindah Alam Aslinya”/ A Picture-Perfect World”

16-11-20-20-51-08-172_deco

Buku ini mengajak anak berpetualang di hutan liar sambil belajar tentang berbagai hewan dan cara kehidupan mereka. Anak saya yang TK setelah dibacakan buku ini, dia bisa presentasi menjelaskan tentang lebah secara detil mulai dari cara hidupnya, bagaimana mereka mencari makan, membuat sarang, berkelompok, proses mengahsilkan madu. Sampai menjelang tidur pun dia masih bertanya detil tentang lebah saking penasarannya, dan saya mau ngga mau harus buka google untuk nyari informasi tambahan plus buka youtube untuk menunjukkan langsung seperti apa (fiuh…). Ngga nyangka, semua hal yang dibacakan diserap maksimal. Begitulah otak golden age.

16-11-20-20-55-40-921_deco

Buku #12: Tubuh Manusia

Dengan judul buku “Pengalaman Para Mikronout”/ Voyage of The Micronouts”

16-11-20-20-58-09-091_deco

Ceritanya tentang 4 makhluk mikronout (sangat kecil) dari luar angkasa yang terdampar di tubuh seorang anak kecil, lalu mereka menjelajah tubuhnya sampai ke dalam. Sambil bercerita, anak secara ngga langsung belajar tentang cara kerja tubuh manusia mulai dari rambut, mata, telinga, hidung, mulut, lidah, paru-paru, jantung, usus halus, usus besar, tangan, kaki, dst dilengkapi dengan peta dan diagram bentuk organ-organ tubuh. Anak jadi tahu alur proses makanan yang dimakan seperti apa. Seru bangeeet…. *ini adalah  buku favorit saya banget 😀

Buku #13: Penjelajahan

Dengan judul buku “Tania Peranti dan Geng Lacak”/”Tanya Tinker & The Gizmo Gank”

16-11-20-20-59-54-169_deco

Semacam cerita detektif anak, dan dalam setiap cerita anak bisa belajar tentang cara kerja berbagai macam alat misalnya ayunan, pembuatan pop corn, …… Pokoknya segala hal yang biasanya ditanyakan anak dengan kata “mengapa dan bagaimana” dijelaskan di sini. Bagaimana crayon, pulpen atau pensil dibuat, kenapa donat dibikin bulat, dst.

16-11-20-21-00-42-171_deco

Buku #14 : Berpikir Kritis

Dengan judul buku “Tiga Pendongeng Atau-Atau”/ The Three Storytellers of Of”

Petualangan di buku ini membantu anak mengembangkan keterampilan berpikir fleksibel. Anak akan belajar bahwa setiap masalah/persoalan apapun bisa dipecahkan atau diselesaikan dengan berbagai macam cara. Dari membaca buku ini, saya melihat perbedaan cara berpikir otak anak laki-laki dan anak perempuan saya yang ternyata bisa sangat berbeda sejak balita. Si kakak yang perempuan sudut pandang dan persepsi-nya mirip dengan saya, sedangkan si adek yang laki-laki punya pemecahan masalah khas laki-laki seperti ayahnya (duh…bingung membahasakannya hehe…).Jadi di buku ini, ada beberapa bagian yang mengajak anak untuk menjelaskan hal-hal yang janggal dari gambar disertai alasan atau penjelasannya. Nah dari gambar yang sama, si adek dan kakak itu bisa beda jauh logika menjelasakannya.. Jawaban-jawaban yang keluar dari si adek di luar dugaan saya, sementara jawaban-jawaban kakak qo ya bisa sama dengan apa yang saya pikirkan.

16-11-20-21-02-36-791_deco
Anak diminta mencari hal-hal yang janggal dari gambar

16-11-20-21-03-49-581_deco

Buku #15: Pemecahan Masalah

Dengan judul buku “Detektif Kotabingar”/ “The Bumbletown Detectives”

Berisi cerita detektif yang memecahkan berbagai macam misteri, membantu anak mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan penalaran deduktif.

16-11-20-21-05-37-425_deco

Oya, kalau versi bahasa Inggris, semua bukunya bisa dibaca dengan ‘walter’ alias talking pen. Jadi ada bagian bulatan merah kecil di setiap halaman yang bisa mengeluarkan suara kalau ditunjuk pakai talking pen tadi. Bagus banget sekalian buat membiasakan anak mendengarkan ucapan bahasa Inggris versi bule :D.

Oh iya hampir lupa, kalau versi bahasa Inggris juga dilengkapi dengan CD yang isinya berbagai permainan untuk melatih kemampuan berpikir anak (kayaknya masih sinkron dengan isi buku deh..). Berhubung saya belum pake karena laptop saya ngga ada CD ROM-nya, review tambahannya nanti saya tulis next time.

Denger-denger kalau versi bahasa Indonesia-nya akan ditarik dan tidak diproduksi lagi, dan rencananya akhir tahun akan keluar versi dwi bahasa (indo-inggris) dalam 1 paket buku. Jadi, kalau pengen beli bukunya, saran saya sih mending nunggu sekalian edisi terbaru-nya.

Segitu dulu kayaknya review buku CPL/ELP keluaran ETL Learning, semoga bermanfaat bagi moms yang berminat tapi masih mikir-mikir mau beli engga-nya 🙂

.

.

Cheers n keep fighting ^^

5 thoughts on “Review Buku “Cakrawala Pengetahuan Dasar (CPD)”

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s