Kids & Parenting · Review

Ultah Anak dengan Event Planner/Event Organizer di Bandung

16-10-01-13-08-58-926_deco

Pesta ulang tahun anak dengan menggunakan EO? 

Awalnya saya ngga kepikiran menggunakan jasa Event Planner/Organizer yang biasa disingkat EO itu, mengingat seperti yang sudah-sudah, syukuran ultah anak biasanya berupa perayaan kecil-kecilan di sekolahnya yang notabene masih TK. Jadi ngga usah yang heboh. Teman-teman sekolah juga ngga banyak, dan satu lagi yang penting: efisiensi (maklum emak-emak irit) LOL.

Berhubung ultah anak saya pas menjelang akhir bulan (26 September), di mana kerjaan kantor sedang ‘menggila’ dan minggu-minggu sebelumnya kesibukan cukup banyak , jadi persiapan untuk ultah anak yang hanya 7 hari ini diserahkan ke EO saja. Awalnya hanya untuk “Dessert Table” tok, tapi akhirnya karena keterbatasan waktu, hal-hal lainnya kayak birthday cake, balon, piring kue plus garpu, saya minta disiapkan EO juga dan saya cuma handle bagian undangan dan goodie bag.

EO-nya referensi dari seorang teman, namanya Maple Event Planner. Saya janjian ketemuan di kantor. Mbak-nya asik diajak diskusi dan sangat helpfull. Soalnya saya baru kali ini kenal yang namanya dessert table dan tetek bengeknya, jadi penjelasan dari mbak EO-nya lumayan buat nambah wawasan :p

Dari price list yang dikasih, saya ambil yang paket A untuk 25 – 30 orang. Pas lah karena jumlah anak di TK si kakak 27 orang. Oke, kita mulai review-nya yaaa

Dessert Table Packages

Paket yang ditawarkan mulai dari paket A untuk 25-30 orang, paket B untuk 50 – 75 orang, dan paket C untuk 100 – 150 orang.

Paket A standar ini isinya :

  • Popcake – 25 pcs, wrapped with ribbon
  • Cupcake with buttercream topping – 12 pcs, with printable toppers
  • Salty popcorn – 25 packs, in printable box
  • Flavoured Pudding – 25 pcs, in plastic cups with label
  • Mini Cookies – 25 packs, wrapped with ribbon and tag
  • Flavoured Milk Tea – 25 pcs, in plastic bottle with label

Including decoration :

  • Dessert’s label cards
  • Party Flags according to theme
  • Paper pompoms
  • Set of decorative plates

Untuk paketnya bisa customize ternyata sesuai request. Misalnya saya minta beberapa item dijadikan 30 pcs, dan item lain dihilangkan, nanti EO-nya akan rekalkulasi kembali. Atau bisa juga sebutkan kebutuhannya apa, budget berapa dan EO bisa  menyesuaikan item-itemnya. Fleksible banget kan ya..

img-20160918-wa0006

Dan karena saya ada request khusus, disesuaikan dengan budget juga, isi dessert table jadi seperti ini:

  • Cupcake 12 pcs
  • Popcake 20 pcs
  • Brownies 20 pcs
  • Fruity Jelly 25 pcs
  • Salty popcorn 30 pcs
  • Flavoured milk 30 pcs

16-10-01-15-28-25-835_deco

Cake’s Taste

Senangnya kerja sama dengan Maple Event Planner ini karena mereka prepare kue-kuenya dengan bahan yang aman dan sehat buat anak-anak. Rata-rata kuenya ngga terlalu manis, dan benar-benar cocok dengan lidah anak. Tim mereka terdiri dari emak-emak yang punya balita dan kelihatannya concern dengan jenis makanan yang boleh dikonsumsi oleh anak-anak mereka (menyimpulkan dari cerita si mbak EO yang masih menerapkan prinsip no gulgar (gula garam) ke anaknya yang berusia 3 tahun).

Pas hari H,anak-anak yang minta kue dari dessert table sempat saya tanyain, gimana rasanya : jawabannya :’enak banget’ hihi. Ada juga yang ngga bilang apa-apa tapi sampe minta nambah (kesimpulannya siy udah jelas kalo gitu ya… :D).

Oya, flavoured puding-nya saya ganti dengan fruity jelly (atas saran mbak EO supaya ngga semuanya makanan manis, ada yang seger-segernya juga dari buah).

Birthday cake sebetulnya ngga termasuk dalam paket dessert table, tapi saya request ke EO biar disiapkan sekalian karena saya ngga ada waktu buat hunting cake shop plus ordernya. Birthday cake dibuat warna warni sesuai tema lego yang warnanya gonjreng-gonjreng. Isinya black forest dan di atasnya dihias pake coklat chacha yang warna warni dan sampingnya ditutup dengan coklat kit kat. Meskipun kelihatannya semua isinya coklat, tapi black forest-nya sendiri ngga terlalu manis qo, ngga bikin eneg-lah kalo saya icip-icip pas kelar acara.

16-10-01-15-26-08-532_deco

Service

Ini pertama kali saya menggunakan jasa EO. Di kepala saya tadinya EO itu formil dan baku kalo kita ngga kenal dia, maksudnya kalo sama temen sendiri kan bisa request begini begitu dan kalo EO-nya ngga kenal bakal strik dengan list dari dia (hehe..). Ternyata maple ini fleksibel banget dan enak diajak discuss. Misalnya aja saya awalnya netapkan tema little ponny, udah deal-deal-an taunya besoknya saya berubah pikiran minta tema yang netral karena sekalian mau ngerayain ultah si adek (cowok). Mba EO ngasih ide tema Lego dan pas banget…anak-anak lagi seneng-senengnya main lego.

Contoh lainnya, H minus 1 pas habis ngedekor ruangan, baru keinget kalo saya belum menyiapkan piring kertas dan garpu-garpu kecilnya. Mba EO-nya malah yang reminder, dan akan dihandle sama dia skalian. Free of charge, katanya (duuh..thanks banget ya teh Restin).

Secara umum tim maple asik-asik banget. Ketemu mereka waktu ngedekor ruang sekolah tempat acara ulang tahun (yang lokasinya di dalam kompleks rumah), dan semuanya pada bawa suami dan anak-anaknya. Seru banget lihatnya, minggu siang kayak play-date-an bareng, rame-rame prepare buat acara ulang tahun. Bapak-bapak kebagian mompa balon dan jagain anak-anak, emak-emak yang ngurusin dekor dessert table-nya. Kompak beud… 😀

Item yang saya siapkan sendiri

Undangan dan Goodie bag

Untuk undangan dan goodie bag, saya order terpisah. Tadinya sempat hunting ke Cibadak (Cibadak ini pusat toko souvenir, alat tulis, dll dengan harga grosir yang ada di kota Bandung), dan ternyata bener, tema Lego masih belom nge-hits jadi belom ada undangan dan goodie bag dengan tema lego di sana. Akhirnya saya hunting di google, nemu online shop di bandung yang jual pernak pernik pesta ulang tahun dan bisa customize, namanya “birthday souvenir”. Website-nya bisa lihat di sini dan instagram-nya juga ada. Showroom-nya di jalan A.Yani Bandung. Saya sekalian pesen goodie bag di sana.

Isi Goodie Bag

Snack dalam goodie bag semuanya pilihan si kakak, yang semuanya cemilan favorit dia 😀 kayak: susu mini ultra, bengbeng, biskuit roma kelapa, biskuit slai olai, richeese keju, dan ditambah dengan snack dari dessert table: fruity jelly, susu mini ultra, salty popcorn dan tumbler tupperware yang gambarnya lucu-lucu, plus balon.

Kalkulasi Biaya

Dengan menggunakan event planner, total biaya untuk perayaan ulang tahun kali ini sebagai berikut :

  • Undangan        : @2.500 x 30    = Rp.  75.000,-
  • Goodie Bag      : @12.000 x 30  = Rp. 360.000,-
  • Dessert Table + Birthday cake + balon 33 pcs : Rp. 2.022.000,-
  • Isi Goodie bag : @80.000 x 30 = Rp. 240.000,-
  • Nasi kuning buat guru-guru  : Rp. 87.500,-
  • Ongkos gojek buat anter undangan dan goodie bag ke kantor : 29.000 x 2 = Rp.58.000

Total Biaya : Rp. 2.842.500 (kurang dari 3 juta, sesuai budget hehe..)

Notes : Oiya, untuk tempat acara karena diadakan di sekolah jadi ngga perlu sewa tempat dan seluruh acara dihandle para guru, jadi ngga perlu ada MC segala :p

Sekian review kali ini, semoga bermanfaat ^_^

2 thoughts on “Ultah Anak dengan Event Planner/Event Organizer di Bandung

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s