Kids & Parenting · Working Mom

Kehamilan Pertama dan Kedua, Lebih Mudah Mana?

Pregnancy-Month-by-Month
Pic from google

Pengalaman hamil kedua ternyata tidak selalu sama dengan saat hamil pertama dulu.

Kehamilan pertama bisa dilalui dengan lancar, belum tentu kehamilan kedua bisa sama lancarnya. Atau kehamilan pertama dilalui dengan masa – masa yang cukup berat, bisa jadi untuk anak berikutnya malah jauh lebih ringan terasa. Namun juga bisa jadi baik kehamilan pertama maupun seterusnya dilalui dengan lancar tanpa masalah. Kalau itu yang moms rasakan, congrats…how lucky you are hehee….

Perbedaan mencolok antara hamil pertama dan kedua saya alami. Kata orang, tiap anak beda – beda pembawaannya. Mungkin ada benarnya juga atau malah itu adalah pengaruh kondisi ibu dan lingkungan saat kehamilan berlangsung? I dunno exactly :p

Nyatanya, saat hamil kedua ini ada beberapa perbedaan yang saya rasakan. Kalau mau di list dari hal – hal yang dialami bumil (ibu hamil), kira – kira seperti ini :

  • Morning Sickness

Mual, rasa tidak enak dan ingin muntah alias morning sickness bukan berarti gejalanya hanya terjadi di pagi hari, pada sebagian orang juga bisa terjadi saat siang atau malam hari,atau bahkan sepanjang hari (wew…)
Hamil pertama dulu bisa dikatakan saya tidak merasakan ini, istilah orang – orang ‘hamil kebo’. Makanan juga tidak ada pantangan, semuanya masuk. nah, saat hamil kedua, selama 3 bulan pertama saya susah makan, anti sayuran hijau dan sempat beberapa hari anti nasi. Jadi saat itu yang bisa masuk cuma buah, biskuit regal dan susu coklat milo. Lainnya memicu mual (tapi saya selalu berusaha untuk tidak muntah).
Kata teman – teman, sesuai pengalaman mereka bahwa anti sayur dan nasi biasanya pertanda anak cowok. Ketika saya konfirmasi ke DSog, katanya cuma mitos, tidak ada penjelasan ilmiah soal itu. Saya cuma manggut – manggut tapi dalam hati berharap semoga benar anak cowok biar lengkap sepasang 🙂
Penyebab terjadinya morning sickness ini diduga akibat meningkatnya kadar hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) dalam tubuh. Munculnya hormon ini merangsang dinding lambung sehingga muncul rasa mual. Dan karena hormon ini juga menyebabkan gula dalam darah cepat dikeluarkan, makanya terjadi rasa lapar sekaligus mual. Makin besar usia kehamilan (sekitar di atas 3 bulan), saat kondisi hormonal mulai seimbang, biasanya morning sickness juga hilang.
  • Sakit Kepala

Bumil terkadang akan merasakan ini, disebabkan karena turunnya tekanan darah akibat perubahan hormon progesteron yang membuat pembuluh darah mengembang, atau bisa juga karena ketidakstabilam sirkulasi darah dari dan ke jantung, kadar gula darah rendah, dehidrasi, tegang/stress atau kurang tidur.

Jaman hamil pertama, ini hal yang paling menyiksa. Bebas dari morning sicknessnamun sakit kepala menyerang tiap saat, terutama saat bangun pagi, setelah makan siang dan sore hari. Kalau hamil sekarang, alhamdulilah  sakit kepala cuma beberapa kali di awal, seterusnya lancar.

  • Perut Gatal

Penyebabnya karena terjadi peregangan kulit perut saat kehamilan semakin membesar, sehingga kulit jadi kering dan gatal, terutama saat berkeringat. Hamil kedua ini tidak seberapa parah rasa gatalnya. Mungkin juga karena efek AC di kamar. Jaman hamil pertama masih tinggal di rumah kontrakan tanpa AC, hanya mengandalkan kipas angin, panasnya ampun ampunan deh…saat lagi bangun bisa ditahan tidak menggaruk (demi mengingat bakal jejaknya nanti di kulit perut), tapi apa daya, saat tidur tangan tidak kuasa menahan hehee.

Oya, tips saya untuk mengurangi rasa gatal: kulit perut selalu dalam keadaan lembab/tidak kering dengan menggunakan krim anti stretch mark. Hasilnya?? stretch mark di perut tidak terlalu kentara padahal dulunya membekas banget. Cobain deh krim ini, bagusss.

Oriflame
Perfect Body Anti Stretch Mark Cream by Oriflame
  • Kram

Saat hamil kadang bumil merasakan kejang atau konstraksi keras selama 1-2 menit di otot kaki bagian bawah, otot betis atau otot telapak kaki. Penyebabnya bisa bermacam – macam yaitu:

  • Ketidakseimbangan kadar mineral dalam tubuh akibat bumil kurang asupan kalsium, vitamin B dan kurang cairan. Kalsium, Potasium dan Magnesium terlalu rendah, fosfor terlalu tinggi sehingga sistem saraf otot terganggu.
  • Kelelahan/otot bekerja berlebihan sehingga asam laktat yang dihasilkan tertimbun di darah.
  • Gangguan aliran darah akibat tertekannya pembuluh darah di panggul.
  • Postur tubuh yang salah.

Kalau yang satu ini, selama hamil pertama dan kedua saya mengalaminya di daerah betis. Biasanya terjadi saat tidur.

Cara saya mengatasi kalau mengalami kram :

Luruskan kedua kaki. Satu tangan menarik telapak kaki yang kram ke arah tubuh, tangan lainnya menekan lutut ke bawah dan tahan selama beberapa detik. Atau cara lainnya: segera berdiri bila terjadi kram, meskipun sakit. Gosok otot kaki yang kram dengan jari tangan sampai mengendur. Pijat seluruh otot betis tiap beberapa detik sekali. Atau bisa juga dengan mengompres otot kram dengan air hangat agar aliran darah kembali lancar.
  • CTS (Carpal Tunnel Syndrome)

Karena ngalamin ginian, saya sampai googling di internet nyari tahu kenapa tangan saya sering mati rasa tiap bangun tidur.

Jadi gini, saat hamil, mungkin moms merasakan nyeri, kesemutan, kebas, atau seperti tersengat listrik di pergelangan tangan dan jari-jari, itu disebut sebagai CTS.Carpal tunnel adalah ligamen yang mengelilingi pergelangan tangan yang melindungi saraf median di bawahnya. Ketika hamil, cairan di dalam tubuh menumpuk sehingga tubuh bumil membengkak dan saraf tersebut tertekan. CTS yang dipicu oleh kehamilan akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

Sering sekali saya alami saat hamil pertama, saat bangun tidur (kemungkinan karena tangan saya tertindih saat tidur). Pergelangan tangan bisa kram sampai bermenit – menit. Hamil kedua? Bebas dari hal ini. Alhamdulillah, soalnya rasanya amat sangat tidak nyaman: kaku, mati rasa.

  • Sembelit

Biasanya saat usia kehamilan makin besar, sembelit sering terjadi, salah satunya dikarenakan meningkatnya kadar hormon progesteron yang mempengaruhi kerja otot halus jadi lebih relas. Efeknya, kerja organ perut, daya dorong atau konstraksi usus pada sisa – sisa makanan menjadi lebih lambat, sehingga sisa makanan menumpuk dan terjadilah sembelit atau istilah kerennya konstipasi. Penyebab lainnya adalah karena rahim yang membesar dan menekan organ di rongga perut, atau bisa juga karena efek zat besi yang terkandung dalam suplemen ibu hamil.

Nah kalau yang ini, saya mengalami baik di hamil pertama maupun kedua. Tapi lebih parah saat hamil pertama, sampai berhari – hari dan pake acara nangis-nangis di toilet, sumpah sakitnya ampun deh :D. Parahnya pula, usai sembelit diare melanda selama seminggu sampai berat badan saya turun 2 kilo. Gara – gara sambel hehee…

  • Amnesia/Gangguan Mengingat

Hehee…ternyata saya mengalami ini dan cukup nyata efeknya terutama di kantor.Setelah baca sana sini, diduga penyebabnya adalah perubahan hormon, yaitu adanya hormon oksitosin yang mempunya efek amnesia (lupa) dan tingginya hormon progesteron yang mempengaruhi daya ingat, atau karena kecemasan bumil yang berlebihan atau karena kurangnya zat besi.

Yah…kurang lebih seperti itulah beberapa perbedaan mencolok saat hamil pertama dulu dan sekarang ini. Perbedaan lainnya adalah, saat hamil kedua ini semakin besar, saya merasa lebih kuat dari saat hamil pertama dulu, dimana dulu jalan kaki beberapa menit sudah membuat napas ngos-ngosan dan agak sakit di bagian dada, plus betis pegal – pegal disertai kaki bengkak. Kalau hamil sekarang tidak sama sekali.

Oya, pertambahan berat badan saat hamil pertama dulu total sampai melahirkan naik 14 kilo, sekarang baru naik 10 kilo saja hohoo…mungkin ini yang menyebabkan badan tidak berasa berat kali ya…:D
Whatever, satu keinginan yang terbesar, semoga proses kelahiran yang kedua ini bisa jauh lebih lancar dari yang pertama. Meski kelahiran pertama normal, namun saya butuh diinduksi yang menyebabkan efek kontraksi terasa berkali lipat. Semoga yang kedua ini jauh lebih lancar. Mohon doanya ya ,moms….^_^

Well, Buku sakti selama hamil alias buku pegangan dan juga sumber informasi penjelasan di atas saya baca disini (sangat direkomendasikan bagi yang akan dan sedang hamil)

9 bulan jpg
Okay, whatever you feel and you get, just relax and enjoy your pregnancy.***

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s